fbpx

Tips cek kwalitas Bangunan

Tips cek kwalitas Bangunan

Rumahkita123 – Tips cek kwalitas Bangunan sangatlah penting ketika kita hendak ingin membeli rumah. berikut kami bahas beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk melihat kwalitas bangunan tersebut apakah layak atau tidak.

Untuk rumah second, usia dari bangunan sangat perlu diperhatikan , Sedangkan untuk rumah baru Perlu Jeli dan teliti memeriksa spesifikasi bangunannya. Dikarenakan ada beberapa oknum kontraktor nakal yang suka menurunkan spesifikasi atau mengirit bahan bangunan. Sehingga kwalitas bangunan lebih rendah dan tidak sesuai yang dijanjikan.

Untuk rumah baru biasanya spesifiaksi tercantum pada brosur rumah. Namun jangan mudah percaya pada spesifikasi yang tertera di brosur karena bisa saja sudah diubah secara sepihak oleh pengembang. dan jangan juga mudah tergiur oleh mulut manis staf pemasaran perumahan, apalagi jika rumah bukan ready stock. untuk lebih mudahnya percayakan ada agent rumahkita123.com karena akan di lakukan pengecekan secara obyektif dan transparan agar anda dapat menilai spesifikasi bahan bangunan serta rencana infrastruktur di sekitar lokasi. hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitar perumahan yang anda cari.

Tips cek kwalitas Bangunan

Tips cek kwalitas bangunan rumah inden.
Jika anda kurang paham istilah teknis atau seputar material bahan bangunan, ajaklah orang yang paham misalnya tukang bangunan.
1. Bahan apa saja yang digunakan untuk pondasi, dinding, lantai, genteng, dan plafon.
2. Berapa ukuran rumah sebenarnya jika perlu gunakan pengukuran sendiri.
3. Berapa ukuran besi cor uang digunakan. Rumah yang kuat minimal menggunakan besi ukuran diameter 8mm.
4. Bahan yang digunakan untuk kusen dan rangka atapnya.
5. Berapa tinggi plafon rumah. Plafon rendah membuat rumah menjadi gerah.
6. Apa jenis kabel listrik yang digunakan dan berapa daya listrik yang disediakan.
7. Sistem sirkulasi udara dan sanitasinya.

Pertanyaan tersebut perlu diajukan, agar sejak dini Anda dapat mengetahui kondisi rumah yang sebenarnya. jangan sampai cicilan belum lunas tapi rumah sudah harus direnovasi.

baca juga; 4 Tips rumah yang Nyaman

Tips cek kwalitas Rumah Second
1. perikasa kekokohan plafon pada rumah , mungkin anda belum bisa mendeteksi kerusakan ini tapi umumnya rumah second kerusakan plafon sering terjadi pada bangunan yang kurang kokoh. Periksalah bentuk fisik langit-langit apakah sudah mulai mengerut atau kendur.
2. Apakah terdapat noda, jamur, atau kelembapan di dinding. dinding yang lembap biasanya adalah tanda kebocoran.
3. Perhatikan jika ada retakan di dinding bagian dalam dan luar. Retakan dinding yang memiliki lebar lebih dari 2mm dapat memicu retakan yang lebih besar.
4. Jika rumah sudah dilengkapi kitchen set atau lemari, buka semua lemari untuk mendeteksi jika ada aroma lembap dan jamur. Bau lembab adalah indikasi kebocoran air atau kayu yang lapuk
5. Cek plester dindingĀ  interior bagian dalam, jika terdapat kesalahan pengerjaan biasanya akan muncul retakan serabut pada beberapa sisi. Retakan ini akan semakin membesar ketika dinding dicat.
6. Jamur di kamar mandi atau kamar tidur biasanya nampak seperti awan kotor di bagian dinding dan langit2, Bahkan mereka masih meninggalkan bekas setelah di bersihkan.

Itulah tadi beberapa tips untuk mengecek kwalitas bangunan sebelum membelinya.

Sumber; Liputan6.comĀ 

Join The Discussion

Compare listings

Compare